Strategi & Sasaran

 

 

icon front default3

 

No Sasaran Strategi Program Kerja/Kegiatan Indikator
1. Visi dan Misi -   Pembangunan komitmen civitas akademika Fakultas Farmasi. -     Pertemuan secara berkala antar manajemen puncak untuk memastikan bahwa seluruh program kegiatan berjalan sesuai dengan visi dan misi Fakultas Farmasi. -    Top management meeting
-     Sosialisasi visi, misi dan tujuan kepada tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa baik melalui pertemuan formal maupun berbagai media komunikasi seperti pemasangan banner, running text, pengunggahan ke website Fakultas Farmasi (www.farmasi.usu.ac.id) -    Dokumentasi sosialisasi
-   Pengakuan dari lembaga akreditasi nasional maupun internasional.

-     Membentuk tim pengendali dokumen.

-     Membentuk tim penyusun boring.

-     Menyiapkan barang akreditasi/sertifikasi

-     Mnegajukan akreditasi atau sertifikasi ke LAMPTKES, ISO< dan AUN

-     Mempertahankan pengakuan dari lembaga akreditasi Malaysia (LFM)

-     Memperoleh pengakuan dari lembaga akreditasi Thailand dan Vietnam.

-    Akreditasi LAMPTKES
-    Sertifikasi ISO
-    Sertifikasi AUN
-    Akreditasi LFM
-    Akreditasi Lembaga Akreditasi Thailand dan Vietnam
2. Tata Pamong -   Peningkatan sistem penjaminan mutu internal

-     Memaksimalkan kerja Gugus Jaminan Mutu (GMJ) dan Gugus Kendali Mutu (GKM).

-     Melaksanakan studi banding ke institusi lain terkait sistem penjaminan mutu

-     Menerapkan format standar ISO 9001:2015 pada setiap dokumen

-     Melaksanakan rapat tinjauan manajemen secara berkala

-    MP berbasis ISO dan AUN
-   Penguatan sistem organisasi Fakultas Farmasi dan akuntabilitas pelaksanaan tugas -     Melakukan analisis dan evaluasi jabatan untuk embuat deskripsi dan tupoksi sehingga menempatkan the right man on the right place

-    Rapat Tinjauan Manajemen

-    Laporan Tahunan

-   Perencanaan dan monitoring program kerja Fakultas Farmasi

-     Menyusun rencana strategis (renstra) jangka pendek (2016-2020) dan renstra jangka panjang (2016-2035)

-     Melakukan monitoring dan evaluasi implementasi renstra setiap tahun

-    Renstra Jangka Pendek

-    Rencana Jangka Panjang (RJP)

-   Penguatan sistem administrasi

-     Mnegimplementasikan setiap manual prosedur dalam kegiatan administrasi

-     Mengembangkan sistem administrasi berbasis teknologi informasi

-    RTM

-    Ketersediaan sistem administrasi berbasis TI

-   Peningkatan kerja sama dengan instansi lain yang terkait

-     Melaksanakan kerja sama dengan instansi lain untuk kepentingan pendidikan tinggi, asosiasi profesi, rumah sakit, industri, apotek, instansi pemerintah dan swasta di dalam negri maupun di luar negri

-     Monitoring dan evaluasi pelaksanaan perjanjian kerja sama secara berkala

-    Dokumen MoU/Perjanjian kerja sama
3. Mahasiswa dan Lulusan -   Pengembangan sistem penerimaan mahasiswa baru yang efektif dan efisien -     Melakukan penyempurnaan seleksi penerimaan mahasiswa baru khususnya PSPA, PSMF, dan PSDIF secara ketat melalui penilaian dari aspek akademik dan psikologis -    Instumen/Proses seleksi dan SK Penerimaan Mahasiswa Baru
-   Peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian

-     Menerapkan sistem pembelajaran Student centre Learning (SCL)

-     Melibatkan mahasiswa dalam setiap kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tenaga pendidik

-    Perangkat pembelajaran SCL

-    Dokumentasi mahasiswa yang terlihat

-   Penguatan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa untuk mendukung softskill dan akademik -     Memfasilitasi kegiatan kemahasiswaan untuk membentuk mahasiswa yang berkarakter

-    Anggaran

-    Sarana dan prasarana kegiatan mahsiswa

-   Keberlanjutan penerimaan mahasiswa baru -     Melakukan promosi ke berbagai sekolah menengah atas atau yang sederajat seperti road show, brosur dan lain-lain -    Terlaksananya kegiatan promosi
-   Peningkatan kualitas pelayanan kepada mahasiswa.

-     Menyediakan layanan e-learning yang dapat diakses melalui website USU.

-     Memberikan informasi beasiswa secara tranparan.

-     Melakukan survei kepuasan mahasiswa terhadap kinerja Fakultas Farmasi.

-     Memberikan reward terhadap mahasiswa berprestasi.

-    Tersedia layanan e-learning.

-    Dokumentasi Sosialisasi Informasi beasiswa.

-    Survei kepuasan mahasiswa.

-    Reward Mahasiswa Berprestasi.

-   Penjaminan kompetensi dan etika lulusan. -   Monitoring dan evaluasi dengan melakukan survei kepuasan dengan lulusan. -    Survei kepuasan pelanggan.
-   Peningkatan jumlah lulusan tepat waktu. -    Meningkatkan sarana dan prasarana, menstandarisasi ruang lingkup pembelajaran dan kedalaman penelitian dan pembimbingan skripsi, tesis, dan disertasi.

-    Pedoman penulisan Skripsi/Tesis/Disertasi

-    Roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat.

-    Monev.

-   Peningkatan persentase lulusan dengan IPK di atas 3,00

-    Meningkatkan kualitas proses penilaian yang menerapkan sistem PAP.

-    Mengikutsertakan komponen kuis atau tugas (dengan persentase 30%) selain UTS dan UAS dalam sistem penilaian.

-    Penerapan sistem PAP
-   Peningkatan kerja sama dengan user dalam rangka keberlanjutan penyerapan lulusan. -   Memfasilitasi user dalam melaksanakan rekrutmen di Fakultas Farmasi.

-    MoU.

-    Pelaksanaan kegiatan rekrutmen di Fakultas.

-    Media Informasi Lowongan Kerja.

4. SDM -   Perencanaan kebutuhan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang efektif dan efisien. -    Memonitor rasio jumlah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan terhadap jumlah mahasiswa setiap tahun sehingga mampu melayani mahasiswa secara maksimal.

-   RTM.

-   Dokumen perencanaan SDM.

-   Rasio tenaga pendidik: mahasiswa tahunan

-   Rasio tenaga kependidikan: mahasiswa tahunan.

-   Penempatan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dengan bidang keahlian. -    Menyesuaikan bidang keahlian tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dengan tupoksi jabatan.

-   Kebijakan penempatan SDM.

-   Tupoksi jabatan.

-   Surat penugasan.

 

-    Memfasilitasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti seminar, pelatihan, workshop yang berkaitan dengantupoksi dan pengembangan diri.

-    Memfasilitasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

-  Pelatihan untuk Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

-  Surat Tugas Belajar.

-  Dokumen Publikasi Ilmiah.

-   Monitoring dan evaluasi kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

-  Menghitung beban kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

-  Memberikan reward dan punishment bagi tenaga pendidik dan kependidikan.

-  Bebean Kerja Tenaga Pendidik (12 SKS).
5. kurikulum -   Penyesuaian kurikulum dengan visi, misi dan tujuan FF.

-  Menyusun dan melaksanakan kurikulum KKNI.

-  Meninjau kurikulum secara berkala dan melakukan revisi yang diperlukan untuk memastikan bahwa kurikulum yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

-  Kurikulum Berbasis KKNI.

-  Rapat Tinjauan Kurikulum.

-      Pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM) sesuai denga kurikulum.

-  Menyiapkan perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Satuan Acara Pengajaran (SAP).

-  Melaksanakan PBM sesuai dengan RPS dan SAP yang telah disusun.

-  RPS dan SAP.

-  Evaluasi Pelaksanaan PBM.

-      Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kurikulum. -  Melakukan survei penilaian mahasiswa terhadap proses belajar mengajar sekurang-kurangnya setiap akhir semester

-  Survei penilaian mahasiswa terhadap proses belajar.

-  Monev pelaksanaan RPS dan SAP.

6. Sarana dan Prasarana

-      Peningkatan sumber dana dari luar institusi.

-      Sistem alokasi anggaran yang akuntabel dan transparan.

-  Meningkatkan jalinan kerja sama dengan banyak pihak seperti pemerintah, swasta dan alumni. -  MoU/Perjanjian Kerja Sama.
-      Sistem alokasi anggaran yang akuntabel dan transparan.

-  Perencanaan anggaran fakultas disusun berdasarkan usulan setiap program studi dan departemen (bottom up).

-  Melaksanakan dokumentasi cash flow anggaran dan pelaporan akuntabilitas tahunan.

-  RAB yang transparan dari Prodi dan departemen.

-  Laporan Cash Flow tahunan.

    -      Penyediaan sarana dan prasarana perkuliahan yang memadai.

-  Memperluas jaringan nirkabel.

-  Memelihara proyektor (LCD), AC, kursi fasilitas komputer.

-  Menyediakan komputer yang dapat digunakan oleh mahasiswa.

-  Meningkatkan sumber kepustakaan seperti buku, buku elektronik, jurnal, jurnal elektronik, majalah, laporan penelitian dan pengabdian.

-  Ketersediaan WiFi.

-  Fasilitas terpelihara.

-  Tersediaan komputer.

-  Tersedia sumber pustaka terkini.

-      Penyediaan dan pemeliharaan sarana laboratorium yang memadai.

-  Pengdaan instrument-instrumen analisis berbasis teknologi terkini.

-  Pemeliharaan, kalibrasi dan validasi alat secara berkala.

-  Membuat manual prosedur untuk setiap laboratorium yang berbasis ISO.

-  Tersedia instrument analisis terkini.

-  Dokumen Pemeliharaan, kalibrasi, dan validasi.

-  Mp kegiatan laboratorium berbasis ISO.

    -      Akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

-  Mengelola laboratorium berdasrakan standar KAN.

-  Menyusun dan mengusulkan boring akreditasi ke KAN.

-  Akreditasi KAN
7. Penelitian dan Pengabdian. -      Meningkatkan kuantitas dan kualitas pelaksanaan penelitian dan pengabdian yang mengacu pada roadmap penelitain TALENTA.

-  Menyusun roadmap penelitian dan pengabdian masayarakat.

-  Mengajukan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat.

-  Mengajukan proposal penelitian dan pengabdian lembaga penelitian baik dalam institusi maupun luar institusi.

-  Melaksanakan penelitian dan pengabdian yang kolaboratif antar disiplin, dan instansi.

-  Memfasilitasi pengusulan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dari hasil penelitian.

-  Keterdiaan Roadmap penelitian dan penelitain dan pengabdian masyarakat.

-  Proposal penelitian dan pengabdian masyarakat.

-  Penelitian dan pengabdian

    -      Meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah.

-  Mengadakan pelatihan penulisan artikel secara berkala.

-  Meningkatkan jumlah publikasi pada jurnal ilmiah dan internasional bereputasi dan jurnal ilmiah nasional terakreditasi.

-  Pelatihan penulisan artikel ilmiah.

-  Publikasi Jurnal Ilmiah Internasional dan Nasional.