Kesiapan Apoteker Menghadapi Dampak Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Terhadap Bisnis Apotek".

DSC03507

Senin (4-9-2017) Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2017-2018 Program Studi Sarjana Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara menggelar kuliah tamu di Aula Lantai II Fakultas Farmasi. Kegiatan seperti ini sangat baik untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa baru. Acara yang diselenggarakan ini pun disambut antusias oleh para mahasiswa dan dosen Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara. Pada kegiatan ini yang bertindak sebagai narasumber yaitu Bapak Syahrial Panggabean, S.Si., Apt. selaku Direktur Service dan Supply Chain PT. Kimia Farma Apotek dengan Tema "Kesiapan Apoteker Menghadapi Dampak Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Terhadap Bisnis Apotek".

DSC03509

Ketua PRODI SARJANA Dr. Sumaiyah, M.Si., Apt. dalam sambutannya kegiatan ini nantinya akan diselenggarakan rutin setiap 1 tahun sekali untuk menambah wawasan dan pengetahuan para mahasiswa di lingkungan Fakultas Farmasi. 

DSC03513

Bapak Syahrial Panggabean, S.Si., Apt. selaku narasumber menyampaikan dengan adanya perdagangan bebas atau MEA, kita harus waspada akan resiko kompetisi (competition risk) yang muncul dengan banyaknya barang impor yang akan mengalir dalam jumlah banyak ke Indonesia yang akan mengancam industri lokal dalam bersaing dengan produk-produk luar negri yang jauh lebih berkualitas. Dalam menghadapi MEA, kita harus bisa memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan yang datang. Kreativitas dan inovasi dalam menghasilkan produk dan jasa bisa menunjang eksisnya produk dan jasa dari dalam negeri untuk terus bersaing dengan produk luar negeri. Di luar itu, peningkatan kualitas SDM dan pemanfaatan SDA harus terus dilakukan seoptimal mungkin agar tak tersungkur jatuh di hadapan negara-negara lain dalam persaingan di pasar bebas.

DSC03518

Dalam kesempatan tersebut, Fakultas Faramsi memberikan kenangan-kenangan berupa bingkisan yang diserahkan oleh Ketua PRODI SARJANA kepada Bapak Syahrial, S.Si., Apt.