Dies Natalis Jurusan Farmasi USU ke-49 Serta Fakultas Farmasi USU Ke-12

DALAM rangka Dies Natalis ke 12 Fa­­kul­tas Far­masi Universitas Sumatera Uta­ra (USU) dan Jurusan Farmasi ke 49, Fakultas Far­masi menyelenggarakan be­ber­apa rangkaian kegiatan sejak Minggu hingga Senin (2-3/9) di Fakultas Farmasi USU. Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum dan berlangsung di Aula lantai II Fakultas Farmasi USU.

Dies Far 2018 3

Dekan Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Masfria M.S., Apt. di sela kegiatan meng­ung­kap­kan, dengan usianya ke 12 tahun, Fakultas Farmasi USU sudah banyak menca­pai perkem­ba­ngan. Salah satunya, ada beberapa ba­ngu­­nan, misalnya ruang uji kom­petensi.

“Lalu sekarang ini sedang da­lam pem­ba­ngunan berupa ga­zebo untuk lokasi perkum­pulan mahasiswa. Lalu labo­rato­rium juga diperbaiki, per­alatan laborato­rium ditam­bah. Ini dari sisi infrastruk­tur­nya,” jelasnya.

Secara akademis, lanjut­nya, Fakultas Farmasi USU yang saat ini memiliki lima prodi, tiga prodi di antaranya sudah terakre­dit­asi A. Se­men­tara dua Prodi lainnya S-2 dan S-3 terakreditasi B. serta dua prodi yang ada di Fakultas Farmasi yakni Prodi Sarjana Farmasi dan Prodi Pendidikan Apoteker telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001-2015 dari British Standard Institute. Prodi Sarjana Farmasi mendapatkan kategori Gold, sementara Prodi Pendidikan Apoteker mendapatkan kategori Silver.

Dies Far 2018 2

Prof. Dr. Masfria, M.S., Apt. juga mengapresiasi prestasi yang diraih oleh tim mahasiswa Fakultas Farmasi yang meraih Best Invention Award di ajang 29th International Invention, Innovation & Technology Exhibition 2018 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada tahun ini, Fakultas Farmasi juga telah melakukan pertukaran 11 orang mahasiswanya dengan mahasiswa asal Malaysia dalam program student exchange dengan University Kebangsaan Malaysia.  Serta menerima 5 orang mahasiswa student exchange asal Maroko, Mesir, Belanda dan Malaysia.

Dies Far 2018 4

Dalam rangkaian kegiatan Dies ke-49 tersebut, Fakultas Farmasi USU juga menggelar berbagai acara lain yakni jalan santai, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, pengabdian masyarakat dan Orasi Ilmiah. Seluruh acara yang digelar berlangsung dengan lancar dan meriah.