The First International Conference on Pharmaceutical and Clinical Research (1st ICPCR)

DSCF7975

Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan The First International Conference on Pharmaceutical and Clinical Research (1st ICPCR) pada 3 November  2017 di Hotel  Adimulia Medan.

Seminar ini bertujuan mengumpulkan para peneliti, ilmuwan, pakar, akademisi dan mahasiswa yang tertarik untuk menyebarkan, melaporkan dan berbagi pengalaman, inovasi, gagasan, hasil penelitian mereka di bidang penelitian farmasi dan klinis.

Seminar ini dihadiri oleh Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked.(O.G.), Sp.O.G.(K.) (Wakil Rektor II USU),  Prof. Dr. Masfria, M.S., Apt. (Dekan Fakultas Farmasi USU ), juga mengundang Key Note Speakers dari beberapa negara antara lain Prof. Dr. Ibrahim Jantan  (Universiti Kebangsaan Malaysia - Malaysia),  Assoc. Prof. Pharkphoom Panichayupakaranant, Ph.D. (Prince of Songkla University- Thailand),  Assoc. Prof. Dr. Asrul Akmal Shafie, B.Pharm. (Universiti Sains Malaysia - Malaysia), dan Prof. Dr. Yasuo Sinohara (Tokushima University, Japan), serta mengundang Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahjono, M.Sc., Apt. (Institut Teknologi Bandung-Indonesia), Prof. Dr. Hakim Bangun, Apt. (Universitas Sumatera Utara-Indonesia), Prof. Dr. Urip Harahap, Apt. (Universitas Sumatera Utara-Indonesia),dan Prof. Dr. Azizah Nasution, M.Sc., Apt.(Universitas Sumatera Utara-Indonesia) sebagai Invited Speakers.

DSCF7988

DSCF7991

Prof. Dr. Jansen Silalahi, M.AppSc., Apt. dalam sambutannya penelitian farmasi adalah suatu disiplin ilmu sains yang berfokus pada penemuan dan pengembangan obat dan terapi baru. Penelitian farmasi dapat diklasifikasi menjadi beberapa kategori utama yaitu Kimia Farmasi, Analisis Farmasi, Mikrobiologi Farmasi, Farmakokinetik dan Farmakodinamik, Teknologi dan Nanoteknologi Farmasi, dan Nutrasetikal. Penelitian klinis adalah studi mengenai kesehatan dan penyakit pada manusia. Hal ini merupakan cara untuk mempelajari bagaimana mencegah, mendiagnosis, dan menyembuhkan penyakit. Penelitian klinis menjelaskan banyak elemen investigasi sains. Uji klinis dan juga penelitian dalam pengobatan, pencegahan, diagnosis, skrining, kualitas hidup, epidemiologi, fisiologi dan patofisiologi, perawatan kesehatan, farmasi klinis, pharmacompliance adalah fase-fase uji klinis yang menentukan apakah suatu obat aman dan efektif.

DSCF7949

Wakil Rektor II USU dalam sambutannya, Saya senang melihat bahwa saat ini, bidang farmasi telah semakin luas dalam mengeksplorasi sumber daya alam, mengembangkan metode baru dan menggunakan teknologi dengan menciptakan produk farmasi yang lebih baik sehingga memenuhi kebutuhan sosial seperti tingginya efektifitas dan rendahnya efek samping dari produk farmasi. Saya berharap seminar ini dapat menciptakan hubungan yang lebih baik antar ilmuwan, staff akademik, praktisi, dan peserta dalam berbagi ilmu farmasi yang inspiratif dan menumbuhkan perhatian yang lebih baik dalam bidang farmasi.

DSCF7967

Menurut Prof. Dr. Masfria, M.S., Apt. pada tahun terakhir ini, kita telah melihat tingginya kemajuan dalam penelitian farmasetikal dan klinik di negara maju dan berkembang. Hal ini berhubungan dengan kemajuan ekonomi sehingga tenaga medis dan ilmuwan selalu memberikan kontribusi yang berarti untuk mencapai perawatan kesehatan yang berkelanjutan. Saya berharap bahwa semua ilmuwan dan peneliti dapat membagi ide tentang perkembangan dan inovasi terakhir dalam penelitian farmasi dan klinis selama konferensi ini agar memberikan manfaat bagi peserta baik dari Indonesia maupun luar negeri.

DSCF7957

 

 

Pengambilan Sumpah/Janji Apoteker Fakultas Farmasi USU Angkatan 22

Kegembiraan mewarnai 140 calon apoteker yang akan diambil sumpah pada tanggal 5 Oktober 2017, yang bertempat di Aula Lantai 2 Gedung Fakultas Farmasi USU. Kebahagiaan ini semakin bertambah dengan kehadiran orang tua dan wali mahasiswa yg hadir untuk menyaksikan putra putrinya melangkah memasuki dunia profesi apoteker.DSC 0542

Acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Garis Siregar, M.Ked.(O.G.), Sp.O.G.(K.) (Wakil Rektor II USU),  Prof. Dr. Masfria, M.S., Apt. (Dekan Fakultas Farmasi USU ),   Dr. Aminah Dalimnthe,  (Kaprodi Pendidikan Apoteker Fakultas Farmasi USU), Dra.Endang Adriyani, MARS, Apt (Perwakilan Ikatan Apoteker Indonesia),  Dra Suzana Indah Astuti, MSI, Apt. (Anggota Komite Farmasi Nasional).

Selain para pimpinan tersebut, upacara ini juga di hadiri oleh beberapa tamu kehormatan antara lain Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Sumatera Utara (diwakili oleh  Drs. Djamidin Manurung, MM,. Apt.), Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Utara (diwakili oleh dr. Kustinah, M.Kes.), Kepala Dinas KesehatanKota Medan (diwakili oleh Santi M. Manullang, S.Si., Apt.),  Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Medan Yanti Agustini, S.Si., M.Kes., Apt., Kimia Farma Yurista Gilang, S.Farm., Apt.DSC 0551

Wakil Rektor II USU dalam sambutannya, dalam pelantikkan apoteker pada hari ini Fakultas Farmasi USU sejak mulai tahun 2006 hingga hari ini telah melantik 2052 apoteker. Dengan demikian jumlah apoteker yang telah diluluskan oleh USU sebanyak 3216 apoteker. 1174 yang telah lulus apoteker ketika Farmasi USU masih menjadi bagian dari F. MIPA USU. Apoteker adalah profesi yang mempunyai keahlian dan wewenang dalam melaksanakan praktek ke farmasian, yang mengikuti pembuatan termaksud pengendalian kesediaan farmasi, pengamatan, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian obat.

DSC 1041

Menurut Dra.Endang Adriyani, MARS, Apt., pelantikan dan pengambilan sumpah apoteker yang dilantik hari ini merupakan bagian dari 3973 dari 31 prodi apoteker dengan 96,7 % kelulusan. Salah satu pelantikan dan pengambilan sumpah yang ditetapkan dalam peraturan menteri kesehatan RI dalam hal ini diwakili oleh komite farmasi nasional, Ikatan Apoteker Indonesia dan Universitas Sumatera Utara mewakili sebagai instansi Pendidikan. Dan pada hari ini juga apoteker yang baru menerima semua dokumen untuk mengurus izin praktek sebagai apoteker mengikuti Izajah dari Fakultas Farmasi, Sertifikat Kompetensi dari Ikatan Apoteker Indonesia dan Surat Sumpah dan Surat Tanda Registrasi Apoteker dari Komite Farmasi NAsional.

DSC 1030

Dra. Suzana Indah Astuti, M.Si, Apt. menyampaikan melalui pelaksanaan  ujian kompetensi yang berkualitas dan berstandarisasi duharapkan ujian kompetensi dapat di selenggarakan secara  berkelanjutan, serta mampu menjami dihasilkannya lulusan pendidikan apoteker yang kompeten. Pada januari 2018, UKAI CBT akan diberlakukan exit dan exam, dimana calon lulusan dapat mengikuti ujian kompetensi setelah yang bersangkutan dinyatakan selesai mengikuti proses pembelajaran, hal ini dinyatakan dengan surat keterangan dari dekan.

DSC 1033

dr.Kustinah, M.Kes dalam sambutannya dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan. Pemprov akan memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan transparan yang merupakan tuntutan masyarakat. Permasalahan kesehatan adalah tanggung jawab kita bersama, dimana seluruh stakeholder  dan masyarakat  harus saling bekerja sama sesuai 

DSC 1019

Dalam kesempatan tersebut para apoteker baru foto bersama dengan Wakil Rektor II, Dekan Fakultas Farmasi, Dewan Pertimbangan Fakultas, Dosen Fakultas Farmasi dan Para Tamu Undangan yang hadir pada acara tersebut.

DSC 1056

Kompetensi dan Profesionalisme Ahli Madya Analis Farmasi dan Makanan pada Program Studi Diploma III Analis Farmasi dan Makanan Fakultas Farmasi Sumatera Utara

DSC03579

Medan - Rabu, (6/9/2017) Program Studi Diploma III Analis Farmasi dan Makanan Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara  menyelenggarakan kegiatan seminar ilmiah yang mengambil tema `` Kompetensi dan Profesionalisme Ahli Madya Analis Farmasi dan Makanan pada Program Studi Diploma III Analis Farmasi dan Makanan Fakultas Farmasi Sumatera Utara `` di Aula Lantai I Fakultas Farmasi USU.

DSC03553

Seminar dibuka Maranne, S.Si., M.Si., Apt., selaku Wakil Dekan III Fakultas Farmasi USU,  dalam sambutannya beliau menyampaikan agar Kegiatan ini nantinya terus berlangsung setiap tahunannya agar para mahasiswa mendapatkan bekal dalam menghadapi dunia pekerjaan. 

DSC03549

Popi Patilaya, S.Si., M.Sc., Apt. selaku Ketua program studi D-III Analis Farmasi dan Makanan Fakultas Farmasi USU dalam sambutannya kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dimulai setiap awal tahun pelajaran dengan pemateri yang berbeda. Kegiatan ini sangat penting bagi pengetahuan mahasiswa agar nantinya dapat bersaing dengan mahasiswa D-III Akademi Farmasi dalam mencari peluang kerja nantinya.

DSC03559

DSC03568

Kegiatan seminar sehari ini turut mengundang narasumber dari Instansi Kefarmasian  yaitu Drs. Yulius Sacramento Tarigan, MM., Apt, (Balai Pengawasn Obat dan Makanan (BPOM)) dan Drs. Herry Rustanto, Apt. [PT. Kimia Farma (Tbk.) Plant Medan). Selain mahasiswa turut hadir para staf pengajar di lingkungan Fakultas Farmasi USU. 

DSC03588

 
 

 

Dies Natalis Fakultas Farmasi Usu yang ke-11 dengan Tema "Bersama Meraih Prestasi"

DSC03756

Minggu(25/09/2017), bertempat di halaman Fakultas Farmasi USU, telah diadakan acara Dies Natalis ke-11 Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara, panitia dies natalis Fakultas Farmasi USU mengadakan beberapa kegiatan antara lain jalan santai, senam dan Lucky Draw bersama dengan para Dosen, Civitas Akademik, Mahasiswa dan turut hadir para Alumni FF USU utuk memeriahkan acara . Dies Natalis FF tahun ini mengangkat tema “Bersama Meraih Prestasi”.

DSC03744

Prof. Dr. rer. nat. Effendy De Lux Putra, SU., Apt., selaku ketua pelaksana mengatakan, acara Dies Natalis Fakultas Farmasi ini merupakan perayaan yang setiap tahunnya dilaksanakan. Saya selaku ketua panitia merasa sangat bahagia karena peserta yang hadir pada dies tahun ini berjumlah 250 orang, ini menunjukkan bahwa kecintaan kita terhadap almamater,  ini menunjukkan bahwa Almamter kita begitu hebat, dan bersama ini kita tunjukkan lebih  giat dan betul-betul dalammeraih perstasi.

DSC 0030

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Farmasi Prof. Dr. Masfria, M.S.. Apt. menyampaikan Fakultas Farmasi kedepannya diharapkan mampu menjadi salah satu pilar utama bagi Universitas Sumatera Utara. Untuk mencapai hal tersebut pihak Fakultas Farmasi membutuhkan dukungan dan partisipasi keluarga besar civitas akademika Fakultas Farmasi sesuai bidang masing-masing.DSC 0027

Perwakilan Alumni Dr. Chazali HusniSitumorang, Apt,dalam sambutannya menyampaikan atas nama alumni berterima kasih kepada pimpinan Fakultas Farmasi dan seluruh jajaran dosen dan civitas akdemika karena sudah dapat mempertahankan akreditasi, baik pada program prosesi apoteker maupun Fakultas Farmasi dan Prodidi Fakultas Farmasi, beliau juga memaparkan bahwa Fakultas Farmasi adalah Fakultas yang memberikan kontribusi agar Universitas Sumatera Utara bisa mendapat akreditasi A karena Fakultas Farmasi sendiri sudah bisa mepertahankan Akreditasi A. bersama itu juga beliau memberikan kenang-kenangan kepada fakultas farmasi berupa buku hasil karya beliau yang nantinya bisa bermanfaat bagi mahasiswa.DSC03781

 

Kesiapan Apoteker Menghadapi Dampak Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Terhadap Bisnis Apotek".

DSC03507

Senin (4-9-2017) Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2017-2018 Program Studi Sarjana Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara menggelar kuliah tamu di Aula Lantai II Fakultas Farmasi. Kegiatan seperti ini sangat baik untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa baru. Acara yang diselenggarakan ini pun disambut antusias oleh para mahasiswa dan dosen Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara. Pada kegiatan ini yang bertindak sebagai narasumber yaitu Bapak Syahrial Panggabean, S.Si., Apt. selaku Direktur Service dan Supply Chain PT. Kimia Farma Apotek dengan Tema "Kesiapan Apoteker Menghadapi Dampak Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Terhadap Bisnis Apotek".

DSC03509

Ketua PRODI SARJANA Dr. Sumaiyah, M.Si., Apt. dalam sambutannya kegiatan ini nantinya akan diselenggarakan rutin setiap 1 tahun sekali untuk menambah wawasan dan pengetahuan para mahasiswa di lingkungan Fakultas Farmasi. 

DSC03513

Bapak Syahrial Panggabean, S.Si., Apt. selaku narasumber menyampaikan dengan adanya perdagangan bebas atau MEA, kita harus waspada akan resiko kompetisi (competition risk) yang muncul dengan banyaknya barang impor yang akan mengalir dalam jumlah banyak ke Indonesia yang akan mengancam industri lokal dalam bersaing dengan produk-produk luar negri yang jauh lebih berkualitas. Dalam menghadapi MEA, kita harus bisa memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan yang datang. Kreativitas dan inovasi dalam menghasilkan produk dan jasa bisa menunjang eksisnya produk dan jasa dari dalam negeri untuk terus bersaing dengan produk luar negeri. Di luar itu, peningkatan kualitas SDM dan pemanfaatan SDA harus terus dilakukan seoptimal mungkin agar tak tersungkur jatuh di hadapan negara-negara lain dalam persaingan di pasar bebas.

DSC03518

Dalam kesempatan tersebut, Fakultas Faramsi memberikan kenangan-kenangan berupa bingkisan yang diserahkan oleh Ketua PRODI SARJANA kepada Bapak Syahrial, S.Si., Apt. 

 

 

Subcategories

Page 1 of 8